Pelatihan Bimbingan Teknis Strategi Penyusunan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa dan Pemilihan Penyedia dengan SPSE V.4.2
Mulai / Selesai Pelatihan Selasa, 17 Juli 2018 s/d Rabu, 18 Juli 2018
Tempat Pelatihan Hotel Mercure Kota Hayam Wuruk - Jakarta
Pengantar

Perkembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP-RI) terus berkembang dan diperbaharui. Hingga kini versi SPSE sudah memasuki Versi 4.2. Berbagai fitur terus dikembangkan dengan tujuan mempermudah dan menstandarisasi tugas-tugas peserta pengadaan.
Disisi lain penetrasi dan sosialisasi perubahan sistem ini belum sepenuhnya bisa menjangkau seluruh lapisan pelaksana pengadaan dan penyedia barang/jasa. Hal ini terbukti dengan masih rendahnya pemanfaatan SPSE V.4.2 dibanding SPSE V.3.6 yang telah lebih dulu hadir. Sementara secara masif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI), Kementerian Dalam Negeri dan LKPP-RI mendorong penggunaan SPSE V.4.2 sebagai sistem yang diyakini mendukung upaya pencegahan tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Beberapa praktisi pengadaan barang/jasa yang telah menggunakan SPSE V.4.2 tidak sedikit yang memberikan catatan terhadap fitur-fitur yang ada baik catatan positif maupun negatif. Catatan-catatan ini mestinya menjadi bahan perbaikan dan penyempurnaan SPSE dimasa-masa yang akan datang.
Sejurus dengan itu pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah tidak bisa terhenti hanya karena proses perbaikan dan penyempurnaan sistem. Pembangunan dapat terganggu jika pengadaan barang/jasa menunggu sistem sempurna. Untuk itu perlu digagas upaya-upaya sosialisasi, pencarian solusi dan pengumpulan saran-saran perbaikan sistem yang konstruktif. Salah satu upaya untuk tetap menjaga pelaksanaan pengadaan barang/jasa tetap berjalan dengan lancar sembari tetap mendorong penggunaan SPSE V.4.2 yang telah menjadi kebijakan pemerintah adalah membagikan pemahaman tentang penyusunan dokumen pengadaan barang/jasa yang baik dan mensosialisasikan fitur-fitur yang ada pada SPSE yang terkini.

Atas dasar inilah Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) yang concern terhadap kajian- kajian salah satunya terhadap regulasi dan implementasi regulasi mencoba memberikan pengetahuan pengertian dan pemahaman pelaksana terhadap seluruh stakholder pengadaan barang/jasa, terutama pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah tentang prinsip dasar, tata cara dan panduan praktis penyusunan dokumen yang sesuai dengan tata nilai pengadaan barang/jasa. Disamping juga
memberikan pandangan, pemahaman dan sosialisasi tentang penggunaan SPSE versi terbaru dikaitkan dengan pencapaian tata nilai pengadaan yang baik.

Upaya P3I ini diwujudkan dengan membuka kelas pelatihan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan fokus pada “Strategi Penyusunan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Pemilihan Penyedia dengan SPSE V.4.2”

Tujuan

Tujuan dari Kelas Pelatihan ini adalah :
1. Memberikan pemahaman tentang substansi, tujuan dan fungsi dari dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah.
2. Memberikan pengetahuan tentang metode, jenis dan karakteristik dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah.
3. Memberikan tuntunan praktis menyusun klausul pengadaan barang/jasa yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan.
4. Memberikan kesempatan kepada peserta kelas untuk dapat menyusun standar dokumen pengadaan sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas pemilihan penyedia barang/jasa pemerintah.
5. Memberikan sosialisasi penggunaan SPSE V.4.2 dalam proses pemilihan penyedia barang/jasa pemerintah.

Sasaran Audiens/Peserta Aktif

-

Metodologi

-

Rundown Acara

HARI PERTAMA   
08.00 – 08.15 : Pembukaan dan Sambutan
08.15 – 10.15 :

Materi Pertama

  • Gambaran Umum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Ruang Lingkup dan Pembagian Kewenangan Evaluasi dan Pemilihan Penyedia
  • Kriteria, Klasifikasi dan Manajemen Risiko Penyusunan Persyaratan
  • Fungsi dan Bagian-Bagian Pokok Dokumen Pengadaan
10.15 – 10.30 : Istirahat
10.30 – 12.00 :

Materi Kedua

  • Memahami Struktur, Fungsi dan Klausula Instruksi Kepada Peserta (IKP).
  • Praktik dan Tanya Jawab Penyusunan IKP Standar Pekerjaan Konstruksi
12.00 – 13.00 : Ishoma
13.00 – 15.15 :

Materi Ketiga

  • Memahami Struktur, Fungsi dan Klausula Lembar Data Pemilihan (LDP) dan
    Lembar Data Kualifikasi (LDP)
  • Praktik dan Tanya Jawab Penyusunan LDP dan LDK Standar Pekerjaan
    Konstruksi
15.15 – 15.30 : Istirahat
15.30 – 17.00 :

Materi Keempat

  • Memahami Struktur, Fungsi dan Klausula Utama Syarat-Syarat Umum Kontrak
    (SSUK) dan Syarat-Syarat Khusus Kontrak (SSKK)
  • Praktik dan Tanya Jawab Penyusunan SSUK dan SSKK Standar Pekerjaan
    Konstruksi
Narasumber : Samsul Ramli
Procurement Specialist
HARI KEDUA   
08.00 - 08.15

Materi Kelima

  •  Materi Peraturan Penggunaan Aplikasi Secara Elektonik
  • Peraturan menggunakan SPSE versi 4.
  • Workflow aplikasi SPSE versi 4.
  • Simulasi pembuatan paket dengan SPSE versi 4
10.15 – 10.30 : Istirahat
10.30 – 12.00 :

Materi Keenam Simulasi (1):

  • Pengisian Rincian HPS
  • Pengisian Jadwal Lelang
  • Penyusunan Dokumen Pemilihan (LDP, Persyaratan Dokumen, KAK, SSKK)
  • Simulasi Cara Pengisian SSKK dan Dokumen Lain SPSE V.4.2
12.00 – 13.00 : Ishoma
13.00 – 15.15 :

Materi Ketujuh Simulasi (2):

  • Penjelasan Lelang
  • Pembukaan Dokumen Penawaran dengan Apendo
  • Evaluasi Dokumen Penawaran Penetapan dan Pengumuman Pemenang
  • Sanggah
15.15 – 15.30 : Istirahat
15.30 – 17.00 :

Materi Kedelapan Simulasi (3):

  • E-Lelang Cepat
  • Setting Kriteria melalui SIKAP
  • Pengumuman Pemenang
  • Verifikasi Pemenang
Narasumber :

 Tim LPSE

Biaya

@Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Dengan Akomodasi 1 kamar untuk 2 peserta / twin share
@Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Tidak Termasuk Akomodasi

Daftar Pelatihan

Email dapat digunakan untuk beberapa orang.