Pelatihan Diklat dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Berasis Computer)
Mulai / Selesai Pelatihan Selasa, 17 Juli 2018 s/d Sabtu, 21 Juli 2018
Tempat Pelatihan Hotel Losari Roxy - Jakarta
Pengantar

Pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan pemerintah merupakan salah satu alat untuk menggerakkan roda perekonomian, oleh karenanya penyerapan anggaran melalui pengadaan barang dan jasa ini menjadi sangat penting. Namun, tidak kalah penting dari itu adalah urgensi pelaksanaan pengadaan yang efektif dan efisien serta ekonomis untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan anggaran. Telah banyak sorotan diarahkan pada berbagai masalah di seputar pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan pemerintah, antara lain karena banyaknya penyimpangan dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasannya. Upaya pemberantasan korupsi khususnya di bidang ini hanya akan efektif jika diikuti dengan pencegahan dan upaya deteksi dini penyimpangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar kasus tindak pidana korupsi yang menjerat rekanan penyedia barang/jasa pemerintah dan pengelola kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah (Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah, PA/KPA, PPK, dan panitia pengadaan) terjadi pada kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Rambu-rambu untuk mengatur kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah sebenarnya sudah sangat lengkap sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Namun demikian, tidak semua orang menyadari adanya praktik-praktik tertentu yang dapat mengakibatkan terjadinya tindak pidana (korupsi).

Secara normatif, prinsip pengadaan barang dan jasa menurut pasal 3 Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah efisien, efektif, terbuka, bersaing, transparan, dan adil/tidak diskriminatif, serta akuntabel.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan komitmen itu yakni melalui ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa instansi pemerintah, sesuai amanat Perpres No.70 tahun 2012 bahwa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), panitia/pejabat pengadaan diisyaratkan wajib memiliki sertifikat keahlian.

Tujuan

-

Sasaran Audiens/Peserta Aktif

Peserta berasal dari instansi pemerintah, departemen teknis maupun pemerintah daerah, serta kalangan swasta yang memiliki kepedulian/hubungan kerja sebagai penyedia barang/jasa pemerintah.

Metodologi

-

Rundown Acara

HARI PERTAMA   
08.00 – 08.30 : Registrasi dan Pembukaan
08.30 – 10.15 :

Pengantar Persiapan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Sesi 1

  • Gambaran umum PBJ
  • Prinsip, Kebijakan dan peraturan PBJ
  • Para pihak terkait
10.15 – 10.30 : Coffee Break
10.30 – 12.00 :

Pengantar Persiapan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Sesi 2 dan Tes Evaluasi

  • Pengelolaan Dokumen
  • Etika Pengadaan dan Good Governance
  • Pengendalian dan Pengawasan
  • Tes dan Evaluasi Materi
12.00 – 13.00 : ISHOMA
13.00 – 15.00 :

Swakelola

  • Perencanaan pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi swakelola
  • Studi Kasus Swakelola
15.00 – 15.15 : Coffe Break
15.15 – 17.00 : Tes Dan Evaluasi Materi
HARI KEDUA   
08.00 – 10.15  :

Persiapan Pengadaan Barang / Jasa Sesi I

  • Pengkajian Ulang Rencana Umum Pengadaan
  • Penyusuan Spesifikasi dan HPS
10.15 – 10.30 : Coffe Break
10.30 – 12.00 :

Persiapan Pengadaan Barang / Jasa I Sesi 2

  • Jenis Kontrak PBJ
  • Jaminan dan Sertifikat Garansi
  • Tes dan Evaluasi Materi
12.00 – 13.00 : ISHOMA
13.00 – 15.00 :

Persiapan Pengadaan Barang / Jasa 2 sesi 1

  • Penilaian Kualitas
  • Penetapa Metoda Pemilihan
15.00 – 15.30 : Coffe Break
15.30 – 17.00 :

Persiapan Pengadaan Barang / Jasa 2 sesi 2

  • Penetapan Metoda Penyampaian Dokumen
  • Penyusunan Tahapan dan Jadwal Pengadaan
  • Penetapan Metoda Evaluasi Penawaran
  • Penyusunan Dokumen
  • Tes dan Evaluasi Materi
HARI KETIGA   
08.00 – 10.15  :

Pelaksanaan 1 Sesi 1

  • Pengumuman, Pendaftaran, Pengambilan Dok Pra Kualifikasi
  • Penjelasan Dok Pra kualifikasi
  • Pemasukan dan Pembuatan Dok Pra kualifikasi
  • Evaluasi, penetapan dan Pengumuman Pra kualifikasi
10.15 – 10.30 : Coffe Break
10.30 – 12.00 :

Pelaksanaan 1 Sesi 2

  • Undangan / Pengumuman dan pengambilan Dok Pemilihan
  • Rapat Penjelasan
  • Sayembara
  • Pemasukan dan Pembukaan Dok Penawaran
  • Evaluasi Dok Penawaran Dok Barang / Jasa lainnya dan Pekerjaan Konstruksi
12.00 – 13.00 : ISHOMA
13.00 – 15.00 :

Pelaksanaan 2 Sesi 1

  • Evaluasi Dok Penawaran dan Dokumen
    Kualifikasi Jasa Konsultansi
  • Penetapan dan Pengumuman hasil
  • Pelelangan gagal dan Tindak lanjutnya
15.00 - 15.15 : Coffe Break
15.15 – 17.00 :

Pelaksanaan 2 Sesi 2

  • Penyusunan, persiapan dan pelaksanaan kontrak
  • Pelaporan Dan Penyelesaian Pekerjaan

Biaya

Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) / Peserta
Dengan Akomodasi Menginap 5 Hari 4 Malam /Twin Sharing
Rp. 4.500.000,- (Empat juta Lima ratus ribu rupiah) / Peserta
Tanpa Akomodasi Penginapan

Daftar Pelatihan

Email dapat digunakan untuk beberapa orang.