Pelatihan Bimbingan Teknis Strategi Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa dan Teknis Pemilihan Penyedia Secara Itemized
Mulai / Selesai Pelatihan Selasa, 17 Juli 2018 s/d Rabu, 18 Juli 2018
Tempat Pelatihan Treepark Hotel Banjarmasin
Pengantar

Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, diamanatkan untuk mendorong konsolidasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Meskipun belum tertuang secara eksplisit tata cara konsolidasi, namun pada dasarnya beberapa aktivitas pengadaan barang/jasa pemerintah yang telah dilakukan saat ini secara sadar atau tidak merupakan implementasi dari konsolidasi pengadaan. Katalog Elektronik yang selama ini dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) merupakan salah satu contoh kongkrit bagaimana konsolidasi pengadaan dilakukan di Indonesia.

Katalog elektronik atau E-Catalogue adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai Penyedia Barang/Jasa Pemerintah. Dengan menggabungkan beberapa kebutuhan pengadaan dari K/L/D/I yang kemudian ditayangkan dalam Katalog Elektronik menjadikan kebutuhan barang/jasa mencapai skala keekonomian sehingga posisi tawar pemerintah sebagai pembeli meningkat.

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 yang secara tegas membuka skema Katalog Elektronik berupa Katalog Daerah dan Katalog Sektoral. Pola pemilihan penyedia dalam Katalog salah satunya menggunakan metode pemilihan penyedia secara itemized. Melalui skenario katalog daerah dan sektoral ini, masing-masing dapat memproses komoditas yang dibutuhkan secara sektoral maupun regional dengan kriteria:

· Barang/jasa yang dibutuhkan;
· Barang/jasa standar atau yang dapat distandarkan; dan
· Kebutuhan barang/jasa bersifat berulang.

Atas dasar inilah Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) yang concern terhadap kajian-kajian salah satunya terhadap regulasi dan implementasi regulasi mencoba memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman pelaksana terhadap seluruh stakholder pengadaan barang/jasa, terutama pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah tentang strategi konsolidasi dan teknis pemilihan penyedia secara itemized.


Upaya P3I ini diwujudkan dengan membuka kelas pelatihan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan fokus pada “Strategi Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa dan Teknis Pemilihan Penyedia Secara Itemized”

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat menerapkan proses strategi pengadaan sejak awal sampai dengan selesai dan melaksanakan pemilihan penyedia secara itemized yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Sasaran Audiens/Peserta Aktif

-

Metodologi

-

Rundown Acara

HARI PERTAMA   
08.00 – 08.30  : Registrasi peserta
08.30 – 09.00  :

Pembukaan dan Sambutan

  • Gambaran Umum Pengadaan
  • Strategi Pengadaan Barang/Jasa
  • Kerangka Strategi Pengadaan Barang/Jasa
09.00 – 10.00 :
  • Hubungan dengan penyedia dan Tipe Perikatan
  • Menetapkan Prioritas Supply Market Analysis
10.00 – 10.15 : Coffee Break
10.15 – 12.00 :
  • Supply Positioning Model
  • Supplier Perception Model
12.00 – 13.00 : Ishoma
13.00 – 15.15 :
  • Strategi Pengadaan Untuk Barang/Jasa Rutin
  • Strategi Pengadaan Untuk Barang/Jasa Laverage
  • Strategi Pengadaan Untuk Barang/Jasa Bottleneck
  • Strategi Pengadaan Untuk Barang/Jasa Strategik
15.15 – 15.30 : Coffee Break
15.30 – 17.00 :
  • Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa
  • Metode Pemilihan Itemized
  • Kontrak Pengadaan Bersama
  • Kontrak Payung/Framework Aggreement
Narasumber :

Samsul Ramli

Procurement Specialist

 

HARI KEDUA   
08.30 – 10.00  :
  • Gambaran Umum Pemilihan Secara Itemized
  • Tantangan Pemilihan Secara Itemized
  • Perbedaan Itemized dan Non Itemized
10.00 – 10.15 : Coffee Break
10.15 – 12.00 :
  • Implementasi Itemized
  • Tata Cara Evaluasi Itemized
  • Penjelasan Atas Evaluasi Harga
  • Klarifikasi dan Negosiasi Teknis dan Harga
12.00 – 13.00 Ishoma
13.00 – 15.15 : Lanjutan Implementasi Itemized
15.15 – 15.30 : Coffee Break
15.30 – 17.00 : Dokumen Pengadaan Itemized
Narasumber : Fajar Adi Himawan
Procurement Specialist

Biaya

@Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Dengan Akomodasi 1 kamar untuk 2 peserta/twin share
@Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Tidak Termasuk Akomodasi

Daftar Pelatihan

Email dapat digunakan untuk beberapa orang.