Pelatihan Pelatihan Teknik SPSE. V.4.3 dan Aplikasi Tender Cepat
Mulai / Selesai Pelatihan Jumat, 21 Desember 2018 s/d Sabtu, 22 Desember 2018
Tempat Pelatihan Hotel Golden Tulip Passer Baroe - Jakarta
Pengantar

Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagai pengganti Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan seluruh perubahannya adalah era baru sebagai lanjutan dari reformasi sistem pengadaan barang/jasa pemerintah di Indonesia. Setidaknya ada 12 pengaturan baru dan 19 perubahan pengaturan tertuang dalam Perpres 16/2018 ini jika dibandingkan dengan Perpres 54/2010. Perubahan pengaturan ini patut diketahui dan dipahami secara mendasar oleh para pihak yang terlibat dan berminat terhadap pengadaan barang/jasa pemerintah. Salah satu perubahan aturan tersebut adalah modernisasi sistem pengadaan secara elektronik. Oleh karena itu LKPP meresepon dengan meluncurkan aplikasi E-Marketplace yang dapat mendukung tujuan dari Perpres 16/2018.
Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan SPSE, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah resmi diluncurkan pada Januari 2018. Pengembangan versi terbaru SPSE ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah agar lebih transparan, akuntabel, dan kredibel. Peluncuran Aplikasi SPSE V.4.3 ini juga merupakan bentuk transisi implementasi Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah terbaru dimana nantinya seluruh Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Pengadaan Langsung, Tender, Penunjukan Langsung, dan Swakelola) wajib dilakukan melalui SPSE.

Sebelum Aplikasi SPSE V.4.3 diluncurkan, Direktorat Pengembangan SPSE telah melakukan uji aplikasi tersebut dengan melibatkan berbagai unsur mulai dari perwakilan LPSE selaku penyelenggara sistem serta perwakilan Pejabat Pengadaan, Pokja ULP, dan PPK selaku pengguna yang berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah (K/L/PD).
Aplikasi SPSE V.4.3 menyediakan beberapa fitur mayor baru, yaitu:
1. Tender Konsolidasi;
2. Tender Itemized;
3. Pengadaan Langsung (Pencatatan dan Transaksional);
4. Penunjukan Langsung (Pencatatan dan Transaksional);
5. Swakelola (Pencatatan); serta
6. Integrasi dengan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP).

Selain itu, Aplikasi SPSE V.4.3 juga menyediakan beberapa fitur minor baru (perubahan tata letak user interface, penambahan/perubahan pesan error, dan penambahan/perubahan notifikasi untuk pengguna) serta perbaikan atas error (bug) yang muncul di versi sebelumnya. Versi 4.3 juga memiliki keunggulan yaitu sudah terintegrasi dengan e-RUP, Konversi dokumen pengadaan dalam bentuk PDF dan tidak memakan waktu lama saat proses pencetakan. Kedepannya pengembangan SPSE 3.6 dan 4.2 tidak lagi di-support dan penggunaan SPSE 4.3 diwajibkan untuk Pengadaan Tahun Anggaran 2019, serta nantinya di dalam SPSE 4.3 terdapat fitur Java Installation Manager (JAIM) agar Admin PPE dapat meng- update secara mandiri aplikasi SPSE jika terdapat fitur baru atau error (bug).

Seluruh perubahan tersebut harus dipahami oleh Pelaku Usaha, agar tidak berpotensi digugurkan pada saat memasukkan penawaran yang dilaksanakan melalui Tender di Pemerintah. Ketidakpahaman terhadap sistem yang sebenarnya dapat dicegah, dapat menyebabkan hilangnya peluang besar yang sudah ada di depan mata.

Tujuan

-

Sasaran Audiens/Peserta Aktif

-

Metodologi

-

Rundown Acara

HARI PERTAMA   
08.00 - 08.30 : Registrasi peserta dan pengambilan materi pelatihan
08.30 - 08.45  : Pembukaan
08.45 - 10.00  : Gambaran umum perubahan Perpres No. 54 Tahun 2010 
ke Perpres No. 16 Tahun 2018
10.00 - 10.30  : Coffee Break
10.30 - 12.00  : Konsep dasar pengadaan barang/jasa pemerintah berdasarkan Perpres
12.00 - 13.00  : Ishoma
13.00 - 15.00  :

Tips dan trik memenangkan tender pemerintah melalui Tender (e-procurement)

- Cari peluang, jangan menunggu
- Pelajari dokumen pengadaan

15.00 - 15.30  : Coffee Break
15.30 - 17.00  :

Tips dan trik memenangkan tender pemerintah melalui Tender (e-procurement)

- Masukkan sesuai aturan
- Tips dan trik sanggah dan pengaduan
- Jangan Mau Dizhalimi, LAWAN!

Narasumber :

Khalid Mustafa
Procurement Specialist

HARI KEDUA   
08.30 - 09.00 : Coffee Break
09.00 - 10.00 : Pengenalan lelang cepat dan sistem informasi kinerja penyedia (SIKAP)
10.00 - 12.00 : Pengenalan aplikasi lelang cepat dengan SPSE .V.4.3
12.00 - 13.00  : Ishoma
13.00 - 14.45  : Praktikum simulasi tender dengan aplikasi SPSE. V.4.3 dan Apendo V. 5.0
14.45 - 15.00  : Coffee Break
15.00 - 16.45  : Tips dan Trik pengolahan dokumen penawaran digital (upload dokumen lebih
cepat, konversi file, menghindari gagal upload, mengunci dokumen dan lain lain)
16.45 - 17.00  : Penutupan dan pembagian sertifikat
Narasumber : Tim LPSE

Biaya

@Rp. 3.750.000,- (Tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)
Tidak Termasuk Akomodasi Hotel

Daftar Pelatihan

Email dapat digunakan untuk beberapa orang.