Pelatihan Bimbingan Teknis Strategi Penyusunan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa dan Pemilihan Penyedia dengan SPSE Versi 4.3
Mulai / Selesai Pelatihan Selasa, 19 Pebruari 2019 s/d Rabu, 20 Pebruari 2019
Tempat Pelatihan Hotel Golden Tulip Passer Baroe - Jakarta
Pengantar

Perkembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP-RI) terus berkembang dan diperbaharui. Hingga kini versi SPSE sudah memasuki Versi 4.3. Berbagai fitur terus dikembangkan dengan tujuan mempermudah dan menstandarisasi tugas-tugas peserta pengadaan.

Disisi lain penetrasi dan sosialisasi perubahan sistem ini belum sepenuhnya bisa menjangkau seluruh lapisan pelaksana pengadaan dan penyedia barang/jasa. Hal ini terbukti dengan masih rendahnya pemanfaatan SPSE Versi 4.3 dibanding SPSE Versi 3.6 yang telah lebih dulu hadir. Sementara secara masif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI), Kementerian Dalam Negeri dan LKPP-RI mendorong penggunaan SPSE Versi 4.3 sebagai sistem yang diyakini mendukung upaya pencegahan
tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Beberapa praktisi pengadaan barang/jasa yang telah menggunakan SPSE Versi 4.3 tidak sedikit yang memberikan catatan terhadap fitur-fitur yang ada baik catatan positif maupun negatif. Catatan-catatan ini mestinya menjadi bahan perbaikan dan penyempurnaan SPSE dimasa-masa yang akan datang. Sejurus dengan itu pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah tidak bisa terhenti hanya karena proses perbaikan dan penyempurnaan sistem. Pembangunan dapat terganggu jika pengadaan barang/jasa menunggu sistem sempurna. Untuk itu perlu digagas upaya-upaya sosialisasi, pencarian solusi dan pengumpulan saran-saran perbaikan sistem yang konstruktif. Salah satu upaya untuk tetap menjaga pelaksanaan pengadaan barang/jasa tetap berjalan dengan lancar sembari tetap mendorong penggunaan SPSE Versi 4.3 yang telah menjadi kebijakan pemerintah adalah membagikan pemahaman tentang penyusunan dokumen pengadaan barang/jasa yang baik dan mensosialisasikan fitur-fitur yang ada pada SPSE yang terkini.

Atas dasar inilah Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) yang concern terhadap kajian- kajian salah satunya terhadap regulasi dan implementasi regulasi mencoba memberikan pengetahuan, pengertian dan pemahaman pelaksana terhadap seluruh stakholder pengadaan barang/jasa, terutama pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah tentang prinsip dasar, tata cara dan panduan praktis penyusunan dokumen yang sesuai dengan tata nilai pengadaan barang/jasa. Disamping juga
memberikan pandangan, pemahaman dan sosialisasi tentang penggunaan SPSE versi terbaru dikaitkan dengan pencapaian tata nilai pengadaan yang baik.

Upaya P3I ini diwujudkan dengan membuka kelas pelatihan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan fokus pada “Strategi Penyusunan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Pemilihan Penyedia dengan SPSE Versi 4.3”

Tujuan

Tujuan dari Kelas Pelatihan ini adalah :
1. Memberikan pemahaman tentang substansi, tujuan dan fungsi dari dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah.
2. Memberikan pengetahuan tentang metode, jenis dan karakteristik dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah.
3. Memberikan tuntunan praktis menyusun klausul pengadaan barang/jasa yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan.
4. Memberikan kesempatan kepada peserta kelas untuk dapat menyusun standar dokumen pengadaan sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas pemilihan penyedia barang/jasa pemerintah.
5. Memberikan sosialisasi penggunaan SPSE V.4.3 dalam proses pemilihan penyedia barang/jasa pemerintah.

Sasaran Audiens/Peserta Aktif

-

Metodologi

-

Rundown Acara

HARI PERTAMA   
08.00 – 08.15 : Pembukaan dan Sambutan
08.15 – 10.15 :

Materi Pertama

· Gambaran Umum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
· Ruang Lingkup dan Pembagian Kewenangan Evaluasi dan Pemilihan Penyedia
· Kriteria, Klasifikasi dan Manajemen Risiko Penyusunan Persyaratan
· Fungsi dan Bagian-Bagian Pokok Dokumen Pengadaan

10.15 – 10.30 : Istirahat
10.30 – 12.00 :

Materi Kedua

· Memahami Struktur, Fungsi dan Klausula Instruksi Kepada Peserta (IKP).
· Praktik dan Tanya Jawab Penyusunan IKP Standar Pekerjaan Konstruksi

12.00 – 13.00 : Ishoma
13.00 – 15.15 :

Materi Ketiga

· Memahami Struktur, Fungsi dan Klausula Lembar Data Pemilihan 
(LDP) dan Lembar Data Kualifikasi (LDP)
· Praktik dan Tanya Jawab Penyusunan LDP dan LDK Standar 
Pekerjaan Konstruksi

15.15 – 15.30 : Istirahat
15.30 – 17.00 :

Materi Keempat

· Memahami Struktur, Fungsi dan Klausula Utama Syarat-Syarat 
Umum Kontrak (SSUK) dan Syarat-Syarat Khusus Kontrak (SSKK)
· Praktik dan Tanya Jawab Penyusunan SSUK dan SSKK Standar 
Pekerjaan Konstruksi

Narasumber  : Samsul Ramli
Procurement Specialist
HARI KEDUA   
08.00 - 10.15 :

Materi Kelima
. Materi Peraturan Penggunaan Aplikasi Secara Elektronik
. Peraturan Menggunakan SPSE V.4.3
. Workflow Aplikasi SPSE V.4.3

Simulasi sebagai PPK : - Pembuatan Paket Tender
- Pengisian Rincian HPS
- Upload KAK
- Upload Draft Kontrak
- Kirim Paket ke Kepala UKPBJ

10.15 – 10.30 : Istirahat
10.30 – 12.00 :

Materi Keenam Simulasi (1):

Materi Keenam :

Materi Keenam Simulasi sebagai UKPBJ:
- Kepala UKPBJ Memilih Pokja Pemilihan
- Pokja Pemilihan Menyusun Dokumen Pemilihan
- Menyusun Jadwal Pemilihan
- Mengumumkan Tender

12.00 – 13.00 : Ishoma
13.00 – 15.15 :

Materi Ketujuh :

Simulasi sebagai Penyedia :
- Mendaftar Tender
- Mengikuti Penjelasan (Aanwijzing)
- Mengirim Dokumen Kualifikasi
- Mengirim Dokumen Penawaran dengan APENDO
- Melakukan Sanggahan
Simulasi Sebagai Pokja Pemilihan :
- Melakukan Penjelasan (Aanwijzing)
- Membuka Penawaran dengan APENDO
- Evaluasi Penawaran
- Menetapan Pemenang
- Membuat Berita Acara Hasil Evaluasi
- Membuat Berita Acara Hasil Pelelangan
- Mengumumkan Pemenang
- Menjawab Sanggahan

15.15 – 15.30 : Istirahat
15.30 – 17.00 :

Materi Kedelapan :

Simulasi sebagai PPP (e-Kontrak):
· Membuat SPPBJ
· Membuat Surat Perjanjian
· Membuat SPMK
· Membuat Berita Acara Serah Terima dan Berita Acara Pembayaran

Narasumber   : Tim LPSE

Biaya

@Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) / Peserta
Dengan Akomodasi 1 kamar untuk 2 peserta/twin share
@Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) / Peserta
Tidak Termasuk Akomodasi

Daftar Pelatihan

Email dapat digunakan untuk beberapa orang.